Analisis Pengaruh Iklan Dan Merk Terhadap Minat Beli Obat Di Apotik Gilby Farma Bukittinggi
Sari
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh iklan dan merk obat terhadap minat beli pasien. Metode penelitian
menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data yaitu
dengan menyebarkan angket/ kuisioner sebagai data primer kepada pasien yang sedang membeli obat di Apotik Gilby
Farma Bukittinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Binary Logistik setelah melewati Uji
Validitas, Uji Reliabilitas dan Analisis Deskriptif Variabel menggunakan program SPSS. Hasil dari penelitian ini
yaitu : 1) iklan berpengaruh signifikan dan positif terhadap sikap pasien dalam membeli obat, 2) merek berpengaruh
positif tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap pasien dalam membeli obat, merek belum mencerminkan
budaya atau atribut tertentu sehingga merek yang telah diciptakan harus dilakukan inovasi-inovasi baru agar mudah
diingat oleh pasien.
menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data yaitu
dengan menyebarkan angket/ kuisioner sebagai data primer kepada pasien yang sedang membeli obat di Apotik Gilby
Farma Bukittinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Binary Logistik setelah melewati Uji
Validitas, Uji Reliabilitas dan Analisis Deskriptif Variabel menggunakan program SPSS. Hasil dari penelitian ini
yaitu : 1) iklan berpengaruh signifikan dan positif terhadap sikap pasien dalam membeli obat, 2) merek berpengaruh
positif tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap pasien dalam membeli obat, merek belum mencerminkan
budaya atau atribut tertentu sehingga merek yang telah diciptakan harus dilakukan inovasi-inovasi baru agar mudah
diingat oleh pasien.