HUBUNGAN PELAKSANAAN ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PENGGUNA KARTU BPJS DI RUANG RAWAT INAP ZAL BEDAH RSUD DR. ACHMAD MOCHTAR BUKITTINGGI

Abdi Setia Putra, Yolanda Fitria Wirman

Sari


Asuhan keperawatan merupakan pelayanan keperawatan yang diberikan perawat kepada pasien melalui tahap pengkajian, diagnosa, perencanaan, implementasi, evaluasi dan dokumentasi. Salah satu indikator pelayanan keperawatan adalah apakah pelayanan keperawatan yang diberikan memberi kepuasan kepada pasien atau tidak. Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakannya dengan harapannya. Hasil survey awal di RSAM Bukittinggi 80% diantaranya mengeluhkan ketidakpuasan terhadap pelayanan keperawatan yang diberikan. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pelaksanaan asuhan keperawatan dengan kepuasan pasien pengguna kartu BPJS di ruang rawat inap Zal Bedah RSAM Bukittinggi. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Data pelaksanaan asuhan keperawatan dikumpulkan dengan studi dokumentasi, data kepuasan menggunakan kuesioner. Populasi adalah seluruh pasien pengguna kartu BPJS di ruang rawat inap Zal Bedah RSAM Bukittinggi. Teknik pengambilan sampel dengan accidental sampling yaitu 64 responden. Data diolah menggunakan uji chi Square diperoleh nilai P value asuhan keperawatan < 0,05 kecuali evaluasi P value (1,000) > 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan asuhan keperawatan dengan kepuasan pasien pengguna kartu BPJS belum optimal dan diharapkan tenaga kesehatan (pimpinan rumah sakit, bidang keperawatan, kepala ruangan, perawat pelaksana) mampu mengevaluasi pelaksanaan asuhan keperawatan dan menciptakan kepuasan terhadap pasien dalam pelayanan kesehatan.

Teks Lengkap:

PDF


Google Scholar