FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN KEPERAWATAN DI RUANGRAWAT INAP INTERNE PRIA DAN WANITA RSUD DR. ACHMAD MOCHTAR BUKITTINGGI TAHUN 2014

Aulia Putri, Heru Adita Putri

Sari


Kepuasan adalah perasaan senang atau kecewa yang muncul setelah membandingkan antara apa yang didapatkan dengan harapannya. Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap RSUD Dr. Achmad Mochtar sedikit dibawah Standar Pelayanan Minimum Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit yang ditetapkan yaitu sebesar 90%. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien, yaitu komunikasi, reliability, responsiveness dan melihat hubungan antara faktor-faktor tersebut dengan kepuasan pasien. Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 85 responden dengan tekhnik pengambilan sampel accidental sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada juni sampai Oktober 2014 pada pasien rawat inap Interne Pria dan Wanita RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian kuesioner. Hasil penelitian ini, 96,5% komunikasi perawat baik, 94,1% Reliability perawat baik, 97,6% responsiveness perawat baik dan 87,1% pasien mendapatkan kepuasan. Terdapat hubungan yang bermakna antara komunikasi perawat dengan tingkat kepuasan pasien dengan p value = 0,043. Terdapat hubungan antara reliability perawat dengan tingkat kepuasan pasien dengan p value = 0,000. Terdapat hubungan antara responsiveness perawat dengan tingkat kepuasan pasien dengan p value = 0,015. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang bermakna antara komunikasi, reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), dengan kepuasan pasien. Adapun saran bagi rumah sakit yaitu, rumah sakit harus selalu mengutamakan kepuasan pasien.

Teks Lengkap:

PDF


Google Scholar