PERBEDAAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK YANG DIBERIKAN ASI DAN TIDAK SELAMA DUA TAHUN PADA AGGREGATE TODLER (2-3 TAHUN) DI POLINDES JORONG BALAI TANGAH KECAMATAN GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK
Sari
Dari survey awal yang dilakukan 2 kelompok anak yang mendapatkan ASI dan tidak selama 2 tahun terhadap perkembangan kognitif. Dari 10 orang ibu yang memberikan ASI selama 2 tahun kepada anaknya, 5 orang diantaranya anak mempunyai perkembangan kognitif yang baik sedangkan anak yang mendapatkan ASI kurang dari 2 tahun, 3 orang perkembangan kognitifnya tidak baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perkembangan kognitif anak yang diberikan ASI dan tidak selama 2 tahun pada aggregate todler di polindes Jorong Balai Tangah. Penelitian dilaksanakan di Jorong Balai Tangah dengan menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan kausal komparatif. Dimana sampel yang ada 20 orang responden dengan teknik pengambilan sampel Quota sampling dan alat pengumpulan data adalah kuesioner dan lembar observasi. Hasil analisis menunjukan 10 orang responden yang mendapatkan ASI selama 2 tahun memiliki mean 11,3, sedangkan 10 orang responden yang mendapatkan ASI kurang dari 2 tahun memiliki mean 13,1 sehingga anak yang mendapatkan ASI kurang dari 2 tahun lebik baik perkembangan kognitifnya dibandingkan anak yang mendapatkan ASI selama 2 tahun. Dengan demikian dari hasil analisa bivariat dengan uji T terdapat perbedaan perkembangan kognitif ana yang mendapatkan ASI dan tidak selama 2 tahun pada aggregate todler di polindes (p=0,010). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan perkembangan kognitif anak yang diberikan ASI dan tidak selam 2 tahun pada aggregate todler di Polindes Jorong Balai Tangah. Hasil penelitian ini di harapkan sebagai masukan bagi profesi keperawatan dalam memberikan promosi kesehatan terkaitdalam meningkatkan perkembangan kognitif terhadap pemberian ASI dan tidak selama 2 tahun.